Senin, 13 Februari 2017

Sistem Komputerisasi...

Sistem Komputerisasi...

Kebanyakan orang atau perusahaan menganggap kalau sudah menggunakan komputer mereka sudah menggunakan Sistem Komputerisasi Benar sih...karena memang mereka input data nya di Komputer :)

Bahkan ada juga loh perusahaan untuk proses operasional mereka seperti menerbitkan Surat Jalan, Faktur Penjualan tidak pakai komputer alias tulis tangan.
OK..mereka lebih jujur kalau mereka tidak pakai sistem komputerisasi :D


Biasanya perusahaan seperti ini lebih mau menerima Sistem Komputerisasi yang sebenarnya karena mereka anggap pekerjaan mereka akan terbantu dengan adanya sistem komputerisasi dibanding dengan Perusahaan yang sudah terbiasa pakai Komputer.
Tapi hanya pakai yang di sebut Paket Pengolah Data (Microsoft Excel) karena mereka sudah dibuat manjadi pengancara pengolahan data yang bisa dirubah kesana kemari seenak mereka hehehe, 

Nah, oleh karena itu mereka agak sulit menerima dengan datangnya sistem komputerisasi yang sebenarnya, ini pengalaman saya yang bekerja sebagai implementor Software Akuntasi yang bernama.., saya sebut inisial saja (FINA), ini saya temui di beberapa perusahaan, ya.. memang kondisinya seperti itu.

OK..kita kembali kepembahasan Sistem Komputerisasi, kalau saya boleh artikan mengapa itu Sistem Komputerisasi? karena
  1. Sistem yang memudahkan kita dalam pengolahan data.
  2. Sistem yang memudahkan untuk kontrol data.
  3. Sistem yang membuat pekerjaan jadi lebih cepat.
  4. Sistem yang membuat perusahaan lebih menghasilkan keuntungan jauh lebih besar sebelum menggunakan Sistem Informasi.
Arti diatas adalah arti secara keseluruhan untuk Sistem Komputerisasi, kalau berbicara menghasilkan keuntungan jauh lebih besar, ada sistem yang memang secara spesifik software tersebut bertujuan untuk mengasilkan keuntungan yang lebih besar.

Tapi ada juga hanya sekedar pengolahan data dan kontrol data saja, memang tidak bisa dipungkiri kalau pengolahan data dan kontrol data bisa dijalankan secara teratur, sistematis,
tidak menutup kemungkinan perusahaan tersebut bisa memperoleh keuntungan jauh lebih besar dari sebelumnya.

Dari satu pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan oleh 5 orang bisa dikerjakan 3 orang.
Maaf... bukan bermaksud bertujuan untuk mengurangi Karyawan, karena 2 orang karyawan yang sebelumnya mengerjakan satu pekerjaan itu bisa diberdayakan untuk pekerjaan lain yang baru.
Mungkin ada divisi baru begitu.., jadi bisa menambah ilmu baru dan mungkin ini kesempatan mereka untuk berkarir dan bisa juga dari 1 orang karyawan yang mengerjakan 1 pekerjaan bisa mengerjakan 2 pekerjaan.

Maaf juga bukan bermaksud membuat pekerjaan orang jadi merangkap karena pekerjaan yang pertama sudah mudah dikerjakan jadi tidak butuh waktu lama untuk mengerjakannya, mungkin dengan pekerjaannya bertambah Bos kita menambah gaji kita juga.


Nah, dari berbagai kondisi diatas tidak menutup kemungkinankan kalau Perusahaan bisa memperoleh keuntungan yang jauh lebih besar.

Pada zaman sekarang ini banyak sekali sofware yang mengintegrasikan antara Operasional, Pengolahan Data, dan Profit.
Jadi tidak perlu membeli software terpisah pisah dari berbagai vendor, dari software paket (siap pakai), software paket yang bisa di Customisasi, Tailor Made Sofware, yang menawarkan produk – produk mereka dengan berbagai macam kelebihannya.

Kita harus pintar memilih software yang paling cocok untuk perusahaan kita karena tidak semua kelebihan yang ada dalam software tersebut cocok dengan jenis perusahaan kita dan jangan lupa jika memilih vendor bagaimana support yang ditawarkan oleh vendor pemilik produk sofware tersebut setelah implementasi di perusahaan kita selesai.

Apakah mereka akan tetap support kita selama kita masih menggunakan software mereka atau kita ditinggalkannya ? pelajari kontrak dan proposalnya.

Mengenai jenis software yang saya sebutkan diatas yaitu software paket (SiapPakai), software paket yang bisa di Customisasi, Tailor Made Sofware.

Saya akan jelaskan secara ringkas apa yang dimaksud dengan jenis software diatas. 
  1. Software Paket adalah Software yang secara umum dibuat berdasarkan sistem dan proses bisnis yang berlaku pada umumnya dan berusaha semaksimal mungkin mengakomodasi kebutuhan sebuah perusahaan.
  2. Software Paket yang bisa di customisasi adalah pada dasarnya sama dengan Sofware Paket, bedanya kalau software paket berusaha semaksimal mungkin mengakomodasi kebutuhan sebuah perusahaan dengan kemampuan yang ada pada software yang sudah ada.
  3. Software Paket yang bisa di customisasi berusaha semaksimal mungkin mengakomodasi kebutuhan sebuah perusahaan dengan menambahkan fitur – fitur baru yang bisa di customisasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. 
  4. Tailor Made Sofware adalah sesuai dengan namanya dibuat sesuai dengan permintaan penggunaatau user yang akan menggunakannya, ibarat baju yang dibuat langsung di penjahit, diukur sesuai ukuran tubuh pemakainya.


    Demikian artikel ini saya buat semoga dapat membantu Anda dalam memilih Sistem Komputerisasi yang baik dan benar.



     
     





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar