Senin, 10 Juli 2017

Perbandingan Kemampuan Integrasi Software Akuntansi Dengan Software Lain



Software akuntansi pada dasarnya dirancang untuk digunakan oleh akuntan. Namun ada banyak software akuntansi yang bisa digunakan untuk operatioanal umum. Bila operatioanal perusahaan sangat spesifik, seperti: hotel, mini market, bengkel dll, maka dibutuhkan software operational khusus.

Agar data yang sudah diinput di software operataional tersebut tidak perlu diinput ulang di software akuntansi maka dibutuhkan sistem integrasi antar kedua software tersbut. Artikel saya kali akan membandingkan kemampuan berbagai software akuntansi untuk terintegrasi dengan software operatioanal.

Cara yang saya gunakan adalah survei, dari website resmi, sales representative, google, telepon dan lain – lain. Dan data ini akurat pada pada tanggal artikel ini dibuat. Kami hanya membandingkan software akuntansi buatan asli Indonesia yang bermerek.
Urutan nama software akuntansi berdasarkan abjad, adapun hasil data- data survei kami sebagai berikut:

Nama Software
Kemampuan integrasi dengan software lain

Keterangan


Abipro
Tidak
-
Accurate
Ya
Export-Import melalui file pihak software lain  harus menyesuaikan atau mengikuti format XML dari Accurate. Contoh: Daftar customers, vendor dan lain- lain.

Jika Customers ada kebutuhan dan bersedia membayar untuk proses integrasi software tersebut, akan ada training dari trainer Accurate.

Web Service untuk detailnya silakan menghubungi programmer Accurate di solutioncenter.wordpress.com
Bee
Accounting
Ya
Hanya bisa dengan Export-Import melalui file saja dengan cara pihak software lain  harus menyesuaikan atau mengikuti format XLS dari Bee Accounting
Corsus
Ya
Integrasi dengan software lain:
1. Integrasi dengan software Gasys, software untuk bengkel. Integrasi software tersebut yaitu dengan cara  Corsus akan menarik data dari software lain menggunakan sinkronise  SQL yang sudah ada dalam modul Corsus. Software Corsus dan software lain harus di develop keduanya.

2.  Export – Import melalui file excel. Software lain silakan mengeluarkan report seperti laporan penjualan dan yang lainnya. Dan report tersebut akan ditarik dalam bentuk file excel oleh Corsus.

3. Untuk detailnya silakan menghubungi programmer easy di support.corsus.net

Easy Accounting
Ya
1. Import Melaui File
Integrasi dengan software  lain yaitu software POS. Caranya (a) export ke excel dari software POS. (b) Format  file excel disesuaikan dengan Easy Accounting. (c) Dari excel diimport ke Easy. Jika Export bisa menggunakan CSV, PDF, XML, Excel dan Jpg.

2. Web Service
menggunakan aplikasi download playstore untuk integrasi ke software Easy Accounting.

3. Untuk detailnya silakan kunjungi web di www.easyaccountingsystem.co.id

FINA
Ya
1) Semua report Fina bisa di export ke format XLS, CSV & HTML
2) Tersedia Exporter untuk ke format XML & DBF
3) Ada tools importer universal yang dapat import dari file CSV ke hampir semua tabel di Fina
4) Tersedia web servise untuk integrasi dengan software lain secara real time
5) Untuk Informasi lebih lanjut hubungi info@imamatek.com

Jurnal.id
Ya
Jurnal.id sudah terintegrasi dengan software POS yang bekerja sama dengan Moca dan Ireap. Diluar dari itu jika ada customers menghendaki terintegrasi dengan software lain, bisa terintegrasi tapi customers tersebut harus develop sendiri.

Mas
Tidak
-
Omega
Tidak
-
Siska
Ya
Integrasi dengan software lain melalui export – import file excel dan web service.
Web Service menggunakan HP  untuk aplikasi  integrasi ke software Siska. Contoh: Add Customer baru,  SO, check stock, dan yang lainnya.

Zahir
Ya
Bisa terintegrasi dengan software lain khusus export dan import excel untuk data keuangan, persediaan dan sejenisnya



Semoga informasi  ini  bermanfaat  bagi Anda  yang sedang mencari software akuntansi yang mempunyai kemampuan integrasi dengan software lain.


Ditulis oleh Siti Nurkholidah (*) IMAMATEK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar