Selasa, 28 Maret 2017

Wawancara Dengan Bapak Anthony Kosasih COO Jurnal.id

         Kalau di dunia Xero adalah software accounting cloud yang pertama, di Indonesia jurnal.id adalah software accounting cloud  yang pertama. Saya beruntung mendapat kesempatan  mewawancarai  COO PT. Jurnal Consulting Indonesia, Bapak Anthony Kosasih. Latar belakang  Pak Anthony  Kosasih mendirikan jurnal.id  karena beliau melihat  banyak UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indonesia yang  belum menggunakan akuntansi dalam usaha mereka. Bapak Anthony Kosasih lulusan UNSW Australia, bersama Bapak Daniel selaku CEO mendirikan jurnal.id, software akuntansi berbasis cloud  pada akhir 2014 dan launching pada januari 2015.
       Bapak Anthony kosasih menyatakan bahwa pembisnis atau pengusaha harus bisa memastikan posisi keuangan perusahaan. Contoh : laba, rugi, utang, piutang dan yang lainnya. Untuk dapat memonitor keuangan memerlukan akuntansi. Jurnal.id diluncurkan bertujuan membantu mempermudah laporan akuntansi.  Beliau juga menambahkan kekuatan jurnal.id adalah tampilannya simpel, mudah dipahami, menggunakan fitur –fitur yang sudah umum dalam dunia bisnis.  Perusahaan sudah ISO 27001 ini  mendapat suntikan dana untuk pendanaan tahap awal (seed founding) oleh East Ventures. Kelemahannya adalah fitur –fitur  customize tidak tersedia.
            Target sasaran jurnal.id adalah usaha kecil menengah. Kendala yang dihadapi dalam target sasaran yaitu banyak pengusaha yang belum memahami tentang software akuntansi, kebiasaan masih manual, dan takut pajak. Cara mengatasi kendala tersebut adalah mengedukasi para pengusaha dan bekerjasama dengan konsultan akuntansi atau perpajakan untuk memberikan fitur – fitur yang terintegrasi ke semua divisi dan perpajakan.
            “Walaupun masih banyak pengusaha yang tidak aware dengan Software, pangsa pasar bisnis software di Indonesia masih ada peluang berdasarkan perhitungan statistik” ungkap Bapak Anthony.  Beliau  juga bersyukur dapat membuat program, dapat membantu memberikan solusi terkait software akuntansi, banyak bertemu dengan pengusaha, jalin relasi  saling sharing untuk menambah ilmu dan wawasan.


Demikianlah artikel ini kami buat, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Ditulis oleh Siti Nurkholidah (*) IMAMATEK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar