Jumat, 18 Agustus 2017

Fungsi – Fungsi Sistem Pelaporan yang Perlu Ada di Sebuah Software Akuntansi



Dalam dunia akuntansi sekarang sudah menjadi kebutuhan untuk sistem pelaporan menggunakan software akuntansi. Manfaat yang dirasakan dalam penggunaannya ada beberapa yaitu data laporan dapat terintegrasi, akurat, sistematis, dan lebih efesien. Jadi Accounting atau Akuntan dapat mengerjakan pekerjaanya lebih mudah dan cepat. Sehingga pekerjaan dapat terlaksana sesuai planning atau sebelum deadline. Dan perlu diketahui untuk fungsi – fungsi sistem pelaporan pada sebuah software akuntansi yaitu sebagai berikut: 

  • Pemilihan kolom atau field: Berfungsi untuk memilih kolom atau field apa saja yang ingin ditampilkan pada laporan tersebut dan dapat mengatur besar kecilnya kolom.
  •  Filters: Berfungsi untuk menyaring informasi yang akan dimunculkan di report, misalnya hanya ingin ditampilkan nomor account apa saja dan informasi lain.
  • Grouping: Fungsinya untuk membuat pengaturan pengelompokan. Misalnya: Mau melihat laporan sales pergudang, per item, per salesman, audit report, inventory, financial statement  dan dll. Data – data yang sudah dikelompokkan bisa di agregat (jumlah, hitung, rata – rata dll). Fungsi perhitungan Agregat tersebut untuk miminumkankan biaya dengan melakukan penyesuaian, serta beberapa variabel lain yang dapat dikendalikan.
  • Header / footer report: Berfungsi sebagai pengaturan informasi apa saja yang ingin ditampilkan dibagian atas (header) dan bawah (footer) dari report.
  •  Setup / fonts / type: berfungsi untuk pengaturan huruf yang akan ditampilkan di laporan
  • Print: Berfungsi untuk melakukan pengaturan pencetakan
  •  Save & export : Berfungsi untuk menyimpan & memindahka report dalam berbagai format termasuk pdf, jpg, gif, bmp, xls, csv, html. Dan e-mail  berfungsi mengirimkan via eamil dan otomatis di-save sebagai pdf.
  •  Memorize: Berfungsi untuk menyimpan semua perubahan report yang sudah dimodifikasi maupun yang belum.
  • Refresh: Berfungsi memperbaharui dengan perubahan terkhir atau update.
  • Designer: Tombol ini berfungsi  untuk mendesain laporan.
  • Pengurutan data: Berfungsi untuk mengurutkan data secara urut sesuai tanggal transaksi
  • Drill Down: Berfungsi untuk menganalisa, menjabarkan  secara detail  transaksi atau data  yang ada di laporan  dan ditinjau dari informasi global menjadi informasi rinci.                                                                                                                                                                                                                       
Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan pencari software akuntansi.

Ditulis oleh Siti Nurkholidah (*) IMAMATEK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar